Friday 29 August 2014

Rekrutmen Fakultas Kedokteran UGM- Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK)



Pusat Manajemen dan Pelayanan Kesehatan (PMPK) dibentuk sebagai embrio di dalam Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dengan No: UGM/KU/503/UM/01/39 tertanggal 5 Februari 1998. Di awal tahun 2013, PMPK telah berubah nama menjadi Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK). Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan dikelola di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan pengembangan strategi dan sistem kontrol mutu dilakukan oleh Sistem Board, yang beranggotakan Resource Person yang berstatus sebagai dosen/ staff pengajar di lingkup UGM. Organisasi PKMK tidak bertumpu pada dosen, namun lebih pada tenaga konsultan dan peneliti penuh dan paruh waktu.

Saat ini PKMK FK UGM dengan pendanaan dari DFAT sedang melakukan penelitian tentang HIV & AIDS Policy and Programming within the Framework of Health System in Indonesia hingga Desember 2015. Untuk mendukung beberapa kegiatan dalam penelitian multicenter tersebut, Tim HIV & AIDS PKMK FK UGM sedang mencari seorang Peneliti dengan kualifikasi sebagai berikut :

Ringkasan Jabatan:
Posisi Jabatan ini akan bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan komunikasi dan penyediaan informasi untuk mendukung kegiatan advokasi kebijakan kesehatan. Selain itu, posisi ini juga bertanggungjawab keterlibatan aktif media, organisasi masyarakat sipil, universitas dan pemerintah dalam bidang pengembangan kebijakan dan legislasi terkait dengan promosi untuk membangun kebijakan AIDS yang lebih baik di Indonesia.

Tugas dan Tanggung Jawab Pokok:
1.      Bertanggungjawab terhadap pengembangan disain, pelaksanaan dan monitoring/evaluasi proyek/penelitian
2.      Mengembangkan kerja sama dengan pihak Komisi Penanggulangan AIDS, Kementerian Kesehatan dan Universitas menyelenggarakan kegiatan penelitian
3.      Memberikan arahan teknis kepada staf pendukung di dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawab masing-masing.
4.      Bertanggungjawab terhadap penyusunan protokol penelitian, pengembangan website & digital library, pengembangan kapasitas peneliti dan pengembangan rencana tindak lanjut kegiatan pelatihan/pengembangan.
5.      Bertanggungjawab untuk penyusunan pelaporan naratif untuk dilaporkan kepada donor.
6.      Bertanggungjawab terhadap pengembangan dokumentasi proyek termasuk penyusunan artikel-artikel ilmiah untuk didiseminasikan kepada publik melalui jurnal dan website.
7.   Memperkuat visibilitas Tim AIDS dalam bidang penelitian, perencanaan dan implementasi program, dan advokasi dalam bidang HIV dan AIDS di Indonesia
8.  Terlibat dalam upaya lembaga untuk melakukan mobilisasi sumber daya untuk mendukung kegiatan penelitian, penyediaan layanan dan advokasi melalui penyusunan proposal terkait.

Kualifikasi, Ketrampilan dan Pengalaman
1.  Memiliki latar belakang pendidikan S-2 dalam bidang kesehatan masyarakat, sosiologi, pembangunan sosial atau yang relevan.
2.      Minimum mempunyai pengalaman kerja dalam bidang penanggulangan HIV dan AIDS selama 3 tahun baik sebagai peneliti atau pengelola program advokasi atau layanan.
3.  Memiliki pengalaman dalam merancang dan mengelola kegiatan advokasi dan pengembangan sektor pengetahuan.
4.    Menunjukkan ketrampilan komunikasi dan interpersonal, kemampuan melakukan penelitian dan kemampuan berjejaring baik dengan organisasi masyarakat sipil, universitas, mitra pembangunan internasional dan pemerintah.
5.      Memiliki ketrampilan analitik, evaluasi dan menulis artikel/policy brief atau laporan penelitian.
6.      Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang teknologi informasi
7.      Mampu bekerja dalam lingkungan yang beragam dan sensitif
8.      Mampu bekerja sebagai bagian dari Tim dan mampu menunjukkan kepemimpinan, supervisi dan dukungan kepada mitra kerja.
9.      Mampu berbahasa Inggris aktif dalam berbicara atau menulis

PKMK FK UGM membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan melalui proses perekrutan sesuai standar PKMK FK UGM. Bagi yang berminat dan memiliki kualifikasi seperti di atas, silahkan mengirimkan CV ke evianabudiawan@gmail.com dengan subject : Rekrutmen Peneliti. Batas waktu sampai dengan Jumat, 29 Agustus 2014.

No comments:

Post a Comment